Saturday 7 December 2019

Prosais; Rindu Sebangsat ini

   Rindu Sebangsat ini

 

   Rindu yang sebangsat ini, boleh kuhabisi, Puisi?  Aku lelah meringkuk dalam pagi yang dingin, sebab tak ada tubuhmu yang tak dapat kudekap erat. Lalu kamu tersenyum, mencium pipi atau apa saja sambil mengucapkan selamat pagi.

   Aku lelah menjadi pecundang yang ditelanjangi oleh dunia. Menatapmu dari jauh, mengabaikan segal perasaan butuh, meletakkan keping-keping hati yang runtuh, sedangkan kenyataan menyingkirkan harapanku terlalu jauh.

   Aku terombang-ambing karena tak diberi ijin pada hatimu untuk berlabuh
   aku sakit, dihempas dari langit hingga jatuh
   aku jadi benda paling rapuh, yang tanpamu hidup separuh

   Hujan oktober membawa resah yang berkepanjangan. Menyebabkan resah tak berkesudahan, dan angan yang tak kunjung hilang. Selayaknya bara pada sekam-sekam padi kering. Tak perlu menunggu lama untuk terbakar, meski terlihat tenang.

   Kenangan indah
   hanya api yang menunggu padam
   jadi bara, atau abu

   Dan rindu yang kumiliki
   masih sebangsat ini.

23:38pm
 Bandung Barat 17/10/2019

Pict; Rindu Sebangsat ini



   Dari ribuan ingatan, namamu satu dari banyak hal yang tak ingin kulupakan. Tak habis dikikis waktu, tak akan lepas dihantam lupa. Kita mungkin sudah lama tidak bertukar kabar, tapi semua tentangmu masih kuikat dengan sabar. Sebagai kenangan, ijinkan aku mengunjungimu sesekali dalam pekat kehidupan.

   Menenangkan rasa yang bergejolak, serupa jalan-jalan mimpi yang retak. Kau, aku dan banyak hal yang pernah kita cita-citakan. Kau, mimpi dan segenap hal yang ada dalam kenangan.

   Sekiranya kita hanya menjadi anak-anak waktu. Berusahalah genggam segala keinginan dengan tanganmu. Menjadi lebih baik, agar penyesalan yang hadir bisa jadi titik balik.

   Antara aku, kau dan segala kerinduan. Menutupi ruang hati, agar tak ada celah untuk setitik benci. Kata yang akan selalu terpatri di dalam kesadaran.

   Jangan pernah ada setitik kebencian.

Bandung Barat, 30-10-2018

   

No comments:

Post a Comment